5 Tipe Manusia

Apabila ditinjau dari keberadaan, kebermaknaan dan kebermanfaatan manusia dapat digolongkan menjadi 5 kelommpok, yaitu :

  1. 1. Manusia Wajib

Manusia wajb adalah manusia yang keberadaan, kebermaknaan dan kebermanfaatannya sangat menentukan. Ia menjadi  kunci, sehingga jika ia tidak ada maka yang lain akan merasa kehilangan. Misalnya, ada seorang guru yang berkata kepada muridnya : “ anak-anak besok pagi bapak tidak bisa mangajar karena ada tugas dinas diluar kota”. Lalu secara spontan anak-anak merespon dengan nada kecewa karena murid akan kehilangan kegiiatan belajar mengajar yang ia nanti – nantikan. Bahkan para murid mengatakan, : “ nantikalau sudah selesai, bapak mengajar kami pada hari lain ya…sebagai ganti jam yang kosong.” Kondisi seperti ini yang menunjukkan bahwa keberadaan, kebermaknaan dan kebermanfaatan pak gyry tersebut.

  1. 2. Manusia Sunnah

Manusia sunnah adalah manusia yang keberadaannya memberikan  kebermaknaan dan kebermanfaatan, tetapi jika ia tidak ada tiak akan mengganggu atau menggoyahkan jalannya sebuah kegiatan. Dalam kegiatan PEMBELAJARAN dapat digambarkan bahwa kehadiran seorang guru dapat lebih mendoron dan mengembangkan potensi murid walalupun tanpa kehadiran guru pun, merid bisa mengerjakannya sendiri.

  1. 3. Manusia Mubah

Manusia adalah manusia yang apabila dalam suatu kegiatan ada atau tidak ada, hadir atau tidak hadir, ia tidak memberikan pengaruh apa – apa, tidak memerikan manffat tetapi juga tidak memberikan madhrat.

  1. 4. Manusia Makruh

Manusia yang keberadaannya tidak memberikan  kebermaknaan dan kebermanfaatan, tetapi jika ada akan memberikan kenyamanan dan kebaikan jalannya sebuah kegiatan.

  1. 5. Manusia Haram

Manusia haram adalah manusia yang keberadaan, kebermaknaan dan kebermanfaatannya sangat tidak diharapkan bahkan ditolak sama sekali. Menjadi seorang TROUBLE MAKER , kehadirannya membawa pengaru negative.

Berdasarkan klasifikasi diatas, maka harapan kita pasti menjadi manusia wajib atau paling tidak menjadi manusia sunnah. Yang pasti kita berusah untuk lebih baik….. jangan sampai menjadi manusia mkruh, bahkan manusia haram..

Advertisements

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: